Categories
Pendidikan

Fungsi Operasional SDM

Fungsi Operasional SDM

Fungsi operasional seperti pembelian, pengembangan, kompetisi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan.


Rekrutmen (Pengadaan Tenaga Kerja)

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Fungsi ini mencakup perencanaan, pensiun, pemilihan dan penempatan karyawan.

 

Pengembangan

Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki, sehingga pengembangan organisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak meninggalkannya.


Kompensasi

Ini termasuk upaya untuk memberikan kompensasi / kompensasi yang diberikan oleh seorang karyawan.


Integrasi

Ini termasuk upaya untuk menciptakan kondisi integrasi atau kepentingan yang sama di antara karyawan dan organisasi di bidang motivasi, kepemimpinan, komunikasi, konflik dan saran.


Maintenance (Pemeliharaan)

Untuk melestarikan kebutuhan sumber daya manusia mereka, manifestasi dari mempertahankan sumber daya manusia ini adalah meningkatnya perasaan berada di rumah, memotivasi dan mau bekerja dengan baik dalam organisasi.

 

Pemisahan

Tentang pemutusan hubungan kerja
Dari penjelasan ini, kita dapat dengan jelas memahami pemahaman dan fungsi manajemen sumber daya manusia, di mana fungsi manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk mencapai tujuan utama manajemen sumber daya manusia. yaitu, pemanfaatan sumber daya manusia secara optimal dalam suatu organisasi.

Dalam fungsi operasional fungsi pemeliharaan (maintenance), sumber daya manusia meningkatkan rasa nyaman dan memiliki keinginan untuk bekerja sebaik mungkin, maka salah satunya dilakukan oleh perusahaan. yaitu, untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan kesejahteraan karyawan.

Sumber : https://materi.co.id/